-->

5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar

5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar - Dalam memberikan komentar, sebaiknya harus dilakukan dengan baik dan benar. Sebagai seorang blogger, kita tahu bahwa berkomentar di blog yang kita kunjungi adalah salah satu cara untuk melakukan Blogwalking. Dengan kita berkomentar dengan baik, tentu kita juga akan mendapatkan balasan dari Admin blog tersebut. Untuk itu, dalam postingan ini saya akan berbagi 5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar.


5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar :

1. Baca terlebih dahulu postingan yang dibahas sebelum berkomentar
Sering kali saya temukan komentar-komentar yang terdapat di blog ini, Seperti berkomentar dengan singkat, tidak berhubungan dengan isi postingan, misal seperti ini :
 "Nice info sob!, pertamaxxx!,  ijin download gan!, thanks gan infonya!" dan lain sebagainya.
 Menurut saya komentar seperti itu bermaksud untuk mendapatkan backlink. Hal seperti ini tidak patut dicontoh.

2. Jangan berkomentar menggunakan Anonim (Anonymous)
Kita sebagai seorang blogger yang baik, sebaiknya berkomentar menggunakan Akun Google atau setidaknya menggunakan fitur Name/URL dan tidak berkomentar dengan menggunakan fitur Anonim. Dengan berkomentar dengan Anonim, si Admin blog juga tidak akan tahu siapa yang berkomentar. Di sisi lain, bila kita berkomentar menggunakan Nama kita, Admin blog tersebut juga akan tahu siapa yang berkomentar di blognya.

3. Jangan berkomentar dengan tujuan Promosi
Pernahkah Anda berkomentar seperti ini : 
"Makasih gan infonya, jangan lupa kunjungi blog saya ya.. http://xxx.blogspot.com"
Nah, jika si pemilik blog yang Anda komentari tidak suka dengan komentar Anda, mereka bisa melaporkan sebagai komentar spam. Kemudian, memungkinkan bisa jadi bahan mesin spam otomatis google untuk banned blog Anda.

4. Jangan meninggalkan link hidup saat berkomentar (NO LIVE LINK!!)
Tak sedikit blogger yang berkomentar malah meninggalkan link hidup di kotak komentar, tentunya ini bisa dianggap spam oleh Google.

5. Jangan berkomentar yang mengandung unsur SARA
Jika Anda tidak suka dengan postingan yang Anda baca, janganlah berkomentar dengan maksud untuk menyinggung Admin Blog, Apalagi sampai menghina, dsb. Jika Anda punya kritik maupun saran, berkomentarlah dengan baik dan sopan.

13 Responses to "5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar"

  1. Emang sih,
    nomor 3 dan 4 itu patut,
    apa lagi nomor 3, udah tau ada Name/URL
    kenapa pake ninggalin link kayak gitu

    ReplyDelete
  2. kadan saya juga bingung gan harus menjawab apa ketika ada teman blog yang berkomentar seperti itu. apa lagi live link sedangkan di blog dia sendiri tidak boleh live link. terpaksa saya hapus comentarnya.

    toh biasanya setelah komentar jarang yang melihat lagi komentarnya di balas atau tidak. betul tidak gan?

    ReplyDelete
  3. \o/ nice post sobat..!!

    eizztt, tapi aku baca loh dari atas smpe akhir, wkwk...
    emg bner koment2 yg tidak baik/singkat tujuannya cuman buat minta backlink, semoga mas admin pas visit ke blog saya, baca artikel dari atas smpe akhir baru koment ya.. hehew. thanks.

    ReplyDelete
  4. Saya kira ada tadi syaratnya berkomentar yg baik dan benar itu harus sesuai dengan ejaan yang disempurnakan tapi ternyata nggak ada ya sob. :D

    Yang komentar trus cuman bilang nice post gan... nice info gan.... pertamax, kedua.... tanpa menyertakan kalimat2 lain sebagai tambahan kalimat itu saya kira akan bikin risih aja admin blog tsb. Udah curhatnya nih sob, kaburrrr...

    ReplyDelete
  5. Begitu saya lihat judul posting Anda di google+ saya langsung tertarik untuk membaca artikelnya sampai selesai, setelah saya membaca "5 Tips Berkomentar Yang Baik dan Benar" saya sangat setuju dengan 5 tips tersebut, tapi saya malah jadi bingung karena saya ingin mengomentari artikel tersebut tapi saya tidak tahu komentar ini sudah baik dan benar apa belum? kalau komentar ini dihapus/tidak diterbitkan bagi saya tidak jadi masalah karena tujuan saya mengomentari ini bukan untuk mencari backlink, tapi kareana saya tergelitik untuk mengomentari artikel tersebut karena saya sering mengalami hal yang seperti Anda alami di blog ini.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  6. Mantap.. semua tipsnya bener banget apalagi yang terakhir itu yang paling penting

    ReplyDelete
  7. Blog walking memang cara yang alami untuk meingkatkan trafik dari blog kita

    ReplyDelete
  8. kalau untuk koment di blog itu supaya tidak terkena pinalti itu batasanya apa ya pak?

    ReplyDelete
  9. pendapat dan tulisan dari penulis benar juga, lebih baik berkomentar sewajarnya saja lebih keliatan alami...

    siip deh tulisannya masih 13 thun tapi tulisannya bagus

    ReplyDelete
  10. Wah, saya setuju dengan tips itu. Tapi, gimana dapet backlinknya ? Walaupun sudah menempelkan blog di situs2 tertentu, tapi visitornya masih sedikit. Kalo komentar saya dianggap mengganggu silahkan dihapus

    ReplyDelete
  11. poin 3 ada di kolom komentar di blog saya, apakah perlu dihapus gan?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel