-->

5 Aplikasi Pembuat Game Gratis Tanpa Coding

TUTORIAL BLOGZ - Pada postingan kali ini admin akan membahas tentang 5 Aplikasi Pembuat Game Gratis Tanpa Coding. Membuat game atau permainan memang bukanlah suatu hal yang mudah, hanya orang-orang tertentu dan yang memiliki keahlian khusus lah yang dapat membuatnya. Namun, di zaman yang serba canggih ini kamu sebagai gamers atau pengguna game pun dapat membuat game kamu sendiri di PC atau Laptop secara gratis dan mudah, yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi-aplikasi sebagai alat pemroduksi game.

Dengan menggunakan aplikasi yang saya bagikan kali ini tentu kamu akan dapat membuat game sendiri yang sederhana. Tetapi sebelum itu, meskipun mempunyai keahlian coding tidak terlalu diharuskan, namun apabila kamu sudah memiliki kemampuan dasar dalam membuat game, yaitu di bidang programming, maka tentu akan menunjang skill kamu dalam memproduksi sebuah game dan pastinya dapat mewujudkan cita-cita kamu menjadi pembuat game profesional.

Berikut 5 Aplikasi Pembuat Game Gratis Tanpa Coding:

1. GameMaker Studio

GameMaker Studio

GameMaker adalah software atau aplikasi perangkat lunak gratis yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan game yang dibuat oleh YoYo Games. GameMaker ini sangat mudah digunakan, kamu yang pemula juga dapat mengembangkan sebuah game tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman terlebih dahulu. Selain versi gratis, GameMaker studio juga menyediakan versi berbayar yaitu Pro dan Master yang tentunya memiliki fitur yang lebih banyak ketimbang Free.

Link: http://www.yoyogames.com/gamemaker

2. Construct 2

Construct 2

Construct 2 merupakan salah satu tools atau alat yang dikembangkan oleh Scirra yang dapat digunakan untuk membuat game ataupun permainan berbasis HTML5 tanpa perlu menggunakan bahasa pemrograman. Di aplikasi ini terdapat berbagai macam fitur dalam mempercepat proses pembuatan game, di antaranya Quick & Easy, Powerful Event System, Flexible Behaviors, Instant Preview, dan masih banyak lagi.

Link: https://www.scirra.com/construct2

3. Stencyl

Stencyl

Stencyl adalah tools atau program perangkat lunak komputer yang memiliki kemampuan dalam membuat game flash dengan mudah gan gratis. Dengan dukungan platform yang luas, Stencyl mendukung berbagai macam perangkat, mulai dari Windows, Mac, Android, iOS, Linux, Flash, dan HTML5. Jika kamu ingin publish game buatan kamu ke banyak perangkat, kamu juga bisa menggunakan versi berbayar dari aplikasi ini.

Link: http://www.stencyl.com

4. Unity

Unity3D

Unity atau lebih tepatnya Unity3D adalah game engine atau alat pembuat game yang dikembangkan oleh Unity Technologies. Unity ini sebenarnya tidak hanya diperuntukkan untuk master atau profesional saja, yang pemula pun juga bisa membuat game menggunakan aplikasi ini. Ada tiga versi dari Unity, yaitu Free (gratis), Plus dan Pro. Jika kamu masih tahap awal, kamu bisa mencoba yang Free yang pastinya masih terbatas.

Link: https://store.unity.com

5. RPG Maker

RPG Maker

RPG Maker adalah salah satu game engine atau alat dalam membuat game. Dengan menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah membuat game dari segi desainnya maupun jalan ceritanya, tanpa perlu tahu bahasa pemrograman. Intinya, kamu dapat dengan mudah drag dan drop grafis hanya dalam sekali klik saja. Ada dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar. Kalau versi gratis kamu hanya dapat waktu trial selama 30 hari, sedangkan yang berbayar kamu akan mendapatkan aplikasi secara full version dan fitur yang lebih lengkap.

Link: http://www.rpgmakerweb.com

Demikianlah postingan tentang 5 Aplikasi Pembuat Game Gratis Tanpa Coding, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.

12 Responses to "5 Aplikasi Pembuat Game Gratis Tanpa Coding"

  1. gue kira kalau buat games itu harus bisa programming dulu ini gak ya, Thanks artikel nya bermanfaat

    ReplyDelete
  2. ane biasanya pake game maker studio gan

    ReplyDelete
  3. mantap infonya gan, semua pake pc ya gan?

    ReplyDelete
  4. Sedaap gan, untuk ajang pamer ke temen, haha...

    ReplyDelete
  5. ngoperasiinnya gampang ga nih?

    ReplyDelete
  6. Sangat membantu gan, tolong dong saya pengguna baru nii, belum tau ngeblog bimbing aku yah agar bisa blog saya keren dilihat gitu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel