Wednesday, November 5, 2014

Istilah WYSIWYG dalam Komputer, Kepanjangan dan Pengertiannya


WYSIWYG? pernahkah sobat mendengar susunan huruf tersebut? Ya, memang terdengar sedikit aneh, karena jika kita ucapkan menggunakan ejaan bahasa Indonesia akan sulit dan tidak terbaca. Sama halnya dengan ejaan bahasa Inggris, kedengarannya juga sangat aneh, dalam bahasa Inggris WYSIWYG dibaca 'wizi wig'. Bicara tentang ejaan nampaknya akan membuat kita semakin bingung, untuk itu lebih baik membahas mengenai 'Apa itu WYSIWYG?' dan 'Apa kepanjangan dan arti dari WYSIYWYG?'.

WYSIWYG "What You See Is What You Get"
WYSIWYG "What You See Is What You Get"

WYSIWYG merupakan singkatan dari 'What You See Is What You Get', jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, maka berarti 'Apa yang kamu lihat adalah Apa yang kamu dapat'. Nah, sekarang sudah mengerti kan apa itu kepanjangan maupun arti dari WYSIWYG.

Istilah WYSIWYG sering digunakan dalam perkomputasian untuk menggambarkan suatu sistem dimana konten yang sedang disunting akan terlihat persis dengan hasil keluaran akhir, baik itu berupa dokumen yang dicetak, halaman web, slide presentasi, dan lain sebagainya. 

Istilah ini juga dapat diartikan sebagai kemampuan sebuah aplikasi dalam memberikan output atau keluaran yang sama seperti yang terlihat. Misalnya pada Microsoft Office Word. Apa yang kita ketik dan kita lihat pada layar monitor, baik itu kolom Header, Font, Paragraph, dan lain sebagainya, itulah yang kita dapatkan setelah dicetak dan sama persis seperti yang kita kelola sebelumnya.

Asal mula ungkapan ini hanyalah tangkapan dari sebuah frasa yang dipopulerkan oleh Flip Wilson's drag persona "Geraldine" dari Rowan dan Martin's Laugh-In pada akhir tahun 60-an, dan kemudian pada The Flip Wilson Show sampai 1974, yang sering mengatakan "What you see is what you get" untuk alasan perilakunya yang unik. Ungkapan ini terbukti cukup populer untuk menjadi judul sebuah hit single oleh The drama pada tahun 1971.

Sekian posting mengenai Istilah WYSIWYG,
Semoga bermanfaat.


Suka Menulis dan Berbagi Apa saja yang bermanfaat untuk semua orang.

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!
EmoticonEmoticon