-->

Balasan Bagi Orang Yang Mencintai Al-Qur'an dan Hadits

Balasan Bagi Orang Yang Mencintai Al-Qur'an dan Hadits - Mencintai berarti merasa senang dengan yang dicintai dan tentu akan diwujudkan dalam bentuk perbuatan. Mencintai berarti selalu mengingat dan memikirkan dalam hati, ia akan rela berkorban untuk sesuatu yang dicintainya. 

  Sebagai seorang muslim, kita harus cinta terhadap Al-Qur'an dan Hadits, karena Al-Qur'an dan Hadits merupakan Sumber utama hukum islam dan sekaligus sebagai pedoman hidup manusia. Agar selamat di dunia dan di akhirat, kita harus mencintai terhadap keduanya dengan cara membacanya, mempelajarinya, memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Balasan Bagi Orang Yang Mencintai Al-Qur'an dan Hadits, antara lain sebagai berikut.


  • Akan Mendapatkan Ketenangan Hidup
Sudah menjadi hukum alam (sunatullah) bahwa manusia akan mengalami berbagai masalah yang mengakibatkan kurangnya ketenangan dalam hidup. Oleh karena itu, diperlukan obat (penawar) agar senantiasa diberikan ketenangan, ketenteraman, dan kebahagiaan. Dengan demikian, jawabannya adalah kita harus senantiasa berada dalam aturan Allah dan selalu akrab dengan Al-Qur'an.


  • Mendapatkan Rahmat dan Karunia Allah swt.
Orang yang rajin membaca Al-Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari maka ia akan mendapatkan rahmat dan kasih sayang dari Allah swt.

  • Akan Diingat Allah swt. 
Mencintai Al-Qur'an dan Hadits pada hakikatnya adalah mencintai Allah swt. dan Rasul-Nya. Sebagaimana janji Allah swt. Jika seseorang mencintai-Ku maka aku pun mencintainya. Berdasarkan surat Al-Imran ayat 31.

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ اللَّهَ فَاتَّبِعُونِي يُحْبِبْكُمُ اللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Artinya : Katakanlah : "Jika kamu (benar-benar) mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mengasihi dan mengampuni dosa-dosamu". Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Q.S. Al-Imran : 31)

  • Mendapatkan Syafa'at di Hari Kiamat
Hari Kiamat adalah hari dimana amal ibadah manusia dipertanggungjawabkan, tidak ada seorang pun yang dapat mengelak dari pertanggungjawaban itu. Orangtua, Saudara, Teman, atau siapapun tidak dapat saling menolong kecuali amalnya sendiri di dunia. Oleh karena itu, amalan di dunia sangat menentukan keselamatannya. Salah satu amalan yang dapat membantu pada saat itu adalah amalan seseorang yang selama di dunia, di antaranya mencintai Al-Qur'an dan Hadits.

Dari Abu Umamah r.a berkata, Rasulullah SAW bersabda,

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه

Artinya : "Bacalah Al-Qur'an sebab di hari kiamat nanti akan datang sebagai penolong para pembacanya." (H.R. Muslim)




3 Responses to "Balasan Bagi Orang Yang Mencintai Al-Qur'an dan Hadits"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel