-->

Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an

Sungguh mulianya hati para penghafal al-qur'an. Mereka para hafidz senantiasa menebarkan bau surga bagi orang-orang disekitarnya. Sebab menghafal al-qur'an merupakan tanda orang yang diberi anugerah oleh Allah berupa ilmu, sesuai dengan firman Allah : "Sesungguhnya, Al-Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata didalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat kami kecuali orang-orang yang zalim." (Q.S. Al-Ankabut : 49).



Sungguh beruntung bagi para penghafal al-qur'an sudah dijanjikan oleh Allah berupa ganjaran pahala kebaikan serta kedudukannya di akherat. Berikut Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an :

1. Allah akan memberikan mahkota kehormatan baginya di akherat kelak, sesuai sabda Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam, Dari Abu Hurairah r.a, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda "Orang yang hafal al-qur'an kelak akan datang dan Al-qur'an akan berkata : "Wahai Tuhan, pakaikanlah dia dengan pakaian yang baik lagi baru. "Maka orang tersebut diberi mahkota kehormatan. Al-qur'an berkata lagi : "Wahai Tuhan tambahkanlah pakaiannya." Kemudian orang tersebut diberi pakaian kehormatannya. Al-qur'an berkata lagi : "Wahai Tuhan, ridhailah dia." Maka kepadanya dikatakan, "Baca dan naiklah." dan untuk setiap ayat, ia diberi tambahan satu kebajikan." (HR At Tirmidzi).

2. Akan dikumpulkan bersama malaikat yang mulia lagi taat. "Dan perumpamaan orang yang membaca Al-qur'an sedangkan ia hafal ayat-ayat-Nya bersama para malaikat yang mulia dan taat." (Muttafaqun 'alaih).

3. Kedua orang tua penghafal qur'an itu mendapat kemuliaan, karena telah mengarah anaknya untuk membaca dan menghafal al-qur'an sejak kecil. Dari Buraidah, Rasulullah Saw bersabda, "Siapa yang membaca al-qur'an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dia akan dipakaikan mahkota dari cahaya pada hari kiamat. Cahayanya seperti cahaya matahari dan kedua orang tuanya dipakaikan jubah kemuliaan yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya (orang tua) bertanya, "Mengapa kami dipakaikan jubah ini?" dijawab, "Karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari al-qur'an." (HR Abu Daud).

4. Akan mendapatkan syafaat (pertolongan) pada hari kiamat. Dari Abi Umamah r.a, ia berkata "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam berkata, "Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat (pertolongan) pada hari kiamat bagi para pembacanya (penghafalnya)." (HR Muslim).

5. Akan ditinggikan derajatnya di surga. Dari Abdillah bin Amri bin 'Ash dari Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam, Beliau bersabda, "Akan dikatakan pada shahib qur'an, "Bacalah dan naiklah serta tartilkan sebagaimana engkau mentartilkan Al-Qur'an di dunia, Sesungguhnya kedudukanmu diakhir ayat yang kau baca." (HR Abu Daud dan At Tirmidzi).

2 Responses to "Janji Allah Ta'ala Bagi Penghafal Al-Qur'an"

  1. memang janji Allah itu nyata
    visit back : rukhhuda.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sangat informatif sekali gan, semoga kedepannya tambah kreatif lagi gan. artikelnya juga rapi dan enak dibaca.
    dan juga semoga mendapatkan banyak pembaca setia dari blog agan. smangat gan, ok.:)
    oh iya gan, pnya artikel tentang Belajar Search Engine Optimization tidak.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel