-->

Apa Itu Puasa Arafah dan Keutamaannya?

Salah satu amalan sunnah yang sering dilakukan Rasulullah saw. pada bulan Dzulhijjah adalah Puasa Arafah. Sebagai seorang muslim, sebaiknya kita tidak meninggalkan amalan sunnah ini, karena Puasa Arafah sangat dianjurkan untuk setiap umat muslim, dan hukumnya sunnah muakkad.

Hari Arafah
Hari Arafah

Pengertian Puasa Arafah
Puasa Arafah adalah puasa sunnah yang dilakukan pada Hari Arafah, yakni pada hari ke sembilan dibulan Dzulhijjah. Puasa Arafah ini sangat dianjurkan bagi setiap umat muslim yang tidak menunaikan ibadah haji.

Jika Puasa Arafah itu merupakan amalan sunnah yang sangat dianjurkan (sunnah muakkad) maka rugilah bila kita meninggalkannya.

Keutamaan Puasa Arafah
Dari Abu Qatadah Al-Anshariy, ia berkata bahwasannya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
"Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa (kesalahan) setahun yang lalu dan setahun yang akan datang." (H.R. Muslim No. 1162)
Namun dengan adanya hadits diatas, janganlah kita menjadikan alasan puasa Arafah untuk menghapus dosa kita sehingga kita berfikir bebas untuk mengerjakan perbuatan yang berdosa.
Keutamaan lain adalah ketika berpuasa Arafah kita disunnahkan untuk memperbanyak do'a, karena hari Arafah merupakan waktu yang mustajab untuk berdo'a.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. bersabda:
"Sebaik-baik do'a adalah do'a pada hari Arafah." (H.R. At-Tirmidzi)
Keutamaan lainnya di hari Arafah adalah pembebasan dari api neraka. Menurut para ulama, pembebasan dari api neraka ini bukan hanya kepada jama'ah haji yang sedang wukuf di Arafah, melainkan juga kepada umat muslim yang tidak sedang menunaikan ibadah haji.
Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. bersabda:
"Diantara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arafah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: "Apa yang diinginkan oleh mereka?" (H.R. Muslim)
Pada tahun ini, Insya Allah hari Arafah akan jatuh pada hari Sabtu tanggal 4 Oktober 2014. Semoga Allah memberikan kemudahan untuk kita, untuk sanggup menjalankan ibadah puasa Arafah dan dapat meraih keutamaan dan ridha Allah swt, Aamiin.

Wallahu a'lam bisshawwab.

0 Response to "Apa Itu Puasa Arafah dan Keutamaannya?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel