Tuesday, November 4, 2014

Apa Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook?


Di era modern ini, perkembangan teknologi sangat pesat, terutama terletak pada teknologi komputer yang kian canggih. Istilah-istilah baru bermunculan seiring perkembangan zaman, sebut saja Laptop, Notebook, Netbook, Smartphone, Tablet, dan alat teknologi lainnya yang terus bermunculan dan terkadang membuat kita bingung membedakannya.


Apa Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook?

Mungkin banyak diantara pengguna Laptop, Notebook, maupun Netbook yang masih bingung membedakan antara ketiga perangkat tersebut. Maka dari itu, pada posting kali ini, saya akan berbagi tentang Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook.

Laptop merupakan sebuah komputer jinjing yang dirancang sebagai pengganti komputer PC yang lebih portabel. Secara teknis, Laptop memiliki ukuran yang agak lebih besar dari Notebook, baik dalam ketebalan maupun beratnya. 

Laptop

Laptop ini awalnya dirancang serupa dengan desktop, namun dengan ukurannya yang cukup kecil dan ringan yang dapat dibawa kemana saja dan nyaman berada dalam pangkuan.

Notebook memiliki ukuran yang sedikit lebih kecil dari Laptop, yakni berkisar antara 12-18 inchi. Notebook biasanya memiliki berat kurang dari beberapa kilo dan cukup kecil untuk diletakkan dengan mudah di tas kerja. 

Notebook

Dibanding dengan perangkat lain, Notebook memiliki spesifikasi yang tinggi dan lebih lengkap. Sebuah Notebook dapat dilengkapi dengan kapasitas harddisk yang besar dan cepat. Komponen lainnya seperti RAM, prosesor, dan kartu grafis juga lebih tinggi dibanding perangkat lainnya.

Ada yang mengatakan bahwa Laptop dengan Notebook itu tidak memiliki perbedaan, namun ada juga yang mengatakan diantara kedua perangkat ini jauh berbeda. Dilihat dari perkembangannnya, Notebook merupakan perkembangan lebih lanjut dari Laptop yang memiliki spesifikasi komputer portabel yang lebih tinggi serta ukuran yang cukup kecil dan ringan untuk memudahkan saat dibawa-bawa.

Netbook merupakan perangkat komputer yang hampir sama dengan Laptop dan Notebook, namun ukurannya jauh lebih kecil dibanding kedua perangkat diatas. Netbook merupakan versi mini dari Laptop dan Notebook dari segi ukuran maupun spesifikasi komponennya. Ukuran layar Netbook sebesar 7-12 inchi, dan menggunakan prosesor atom, dengan ram yang besarnya antara 1-2 GB serta grafis yang pas-pasan.

Netbook

Jika dilihat dari segi baterai, Netbook memiliki daya tahan baterai yang lebih lama dibanding dengan perangkat lain. Perangkat Netbook sangat cocok bagi orang yang ingin berselancar di Internet, mengolah dokumen dan multimedia ringan. Dari segi harga sendiri, Netbook dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni antara 2-5 jutaan, meskipun ada juga produsen yang memproduksi Netbook dengan spesifikasi yang tinggi dan harga yang lebih mahal.

Demikianlah posting tentang "Apa Perbedaan Laptop, Notebook, dan Netbook?",
Semoga bermanfaat.


Suka Menulis dan Berbagi Apa saja yang bermanfaat untuk semua orang.

3 komentar

silaturahmi kang...
moga aja masih kenal sama aye

Iya, saya masih ingat kok :)
Hatur nuwun kunjungannya :>)

saya kira laptop dan notebook itu beda. ternyata laptop itu mencakup semua nya dari notebook, netbook sampai ultrabook :D

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!
EmoticonEmoticon