-->

Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog

Nampaknya sudah lama sekali saya tidak posting mengenai Tutorial Blogger, dan mungkin postingan kali ini merupakan yang pertama di bulan ini saya membahas tentang blog.

Lanjut ke topik, jika kamu seorang blogger tentunya kamu ingin blog kamu memiliki banyak pengunjung. Namun, itu bukanlah hal yang mudah apalagi kalau yang masih pemula, seperti saya ini :D. 

Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog
Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog

Mungkin terlintas dalam pikiran kita  tentang bagaimana orang lain bisa mendatangkan ratusan bahkan ribuan pengunjung ke blognya sedangkan blog kita sepi dengan pengunjung yang jumlahnya sedikit. Namun, jika hal seperti itu kita pikirkan terus menerus tanpa usaha dari diri sendiri untuk mengubahnya  menjadi lebih baik, maka kita tidak akan mendapat hasil apapun dan pengunjung blog kita pun akan tetap segitu-gitu saja.

Berikut Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog:

1. Buatlah Konten Yang Unik dan Berkualitas
Konten merupakan segalanya bagi blog. Blog yang tanpa di isi oleh konten, baik itu berupa artikel, gambar, video, dan lain sebagainya, tentu tidak akan menarik datangnya pengunjung ke blognya. Konten yang unik akan mendatangkan pengunjung untuk melihat konten tersebut. Namun, tidak hanya unik saja, juga harus berkualitas. Mengapa harus berkualitas? Karena mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing dan lain sebagainya, hanya menyukai konten yang berkualitas.

2. Jangan Lupakan SEO!
SEO adalah bagian paling penting untuk membuat blog banjir pengunjung. Mengapa harus SEO? karena dengan membuat blog kita tampil di search engine, seperti Google misalnya, blog kita akan kedatangan banyak pengunjung, sebab banyak orang yang mengklik postingan kita dari search engine tersebut. Nah, kita dapat meningkatkan SEO blog kita dengan berbagai teknik dan cara, ada yang disebut SEO on page dan SEO off page.

SEO On Page, artinya adalah optimisasi seo yang dilakukan di dalam blog itu sendiri. Ada berbagai macam teknik SEO On Page, diantaranya:
SEO Off Page, merupakan kebalikan dari SEO On Page, yakni optimisasi seo yang dilakukan di luar blog itu sendiri. Ada banyak pula teknik yang dilakukan untuk SEO Off Page, seperti share ke jejaring sosial, forum, social bookmark, blog direktori. Apa tujuan dari SEO Off Page? tujuannya adalah untuk membangun backlink yang mengarah ke blog kita. Kita juga dapat melakukan blogwalking, meninggalkan komentar, maupun bertukar link.

3. Share Blog ke Jejaring Sosial
Kalau sudah membuat konten yang menarik, tidak ada salahnya kan untuk membagikan postingan kita ke jejaring sosial, sebut saja Facebook. Berbicara mengenai facebook maka kita sudah tidak asing akan kepopuleran jejaring sosial tersebut. Selain sebagai media sosial, facebook juga dapat dimanfaatkan sebagai ajang promosi blog, apabila kamu mempunyai banyak teman facebook, maka itu adalah kesempatan besar kamu untuk mengenalkan blog kamu kepada mereka, siapa tau ada banyak dari mereka yang ingin melihat blog kamu. Nah, kalau untuk situs jejaring sosial yang lainnya kamu juga dapat sharing blog kamu, seperti Twitter, Google+, dan lain sebagainya.

4. Perbanyaklah Blogwalking
Sebelum itu, kita bahas terlebih dahulu mengenai apa itu blogwalking dan apa kegunaannya? Nah, Blogwalking adalah istilah yang terdiri dari dua kata, yakni Blog dan Walking (berjalan). Dari dua kata diatas dapat diartikan sebagai berjalan di blog. Loh, apa maksudnya? maksud dari blogwalking adalah aktivitas yang dilakukan seorang blogger untuk mengunjungi blog lain, dengan meninggalkan jejak di komentar, chatbox, dan lain sebagainya. Dengan blogwalking ini, diharapkan kita tidak hanya mendapat backlink saja, namun juga mendapat kunjungan balik dari si pemilik blog tersebut. Ya itu sih tergantung admin blog yang kita kunjungi, kalau dia melihat komentar kita bagus dan sesuai dengan topik yang dia bahas, maka tidak ada salahnya jika ia mau berkunjung ke blog kita.

5. Submit Blog ke Social Bookmark
Social Bookmark merupakan situs web yang digunakan untuk mengirim atau menyimpan link blog kita. Lalu, apa manfaatnya? ada banyak sekali manfaat jika kita men-submitkan blog kita ke Social Bookmark, diantaranya meningkatkan posisi blog di SERP, meningkatkan pengunjung blog, dan postingan blog kita akan mudah terindex oleh mesin pencari, seperti Google. Baca juga: Daftar Situs Social Bookmark Indonesia Lengkap

6. Daftarkan Blog ke Direktori Artikel
Selain Social Bookmark juga ada situs berupa Direktori Artikel. Kegunaannya adalah untuk memperkenalkan blog kita dengan cara menulis dan meninggalkan link blog kita. Cara ini sangatlah efektif untuk mendatangkan pengunjung blog.

7.  Berdo'a
Apabila semua usaha sudah dilakukan, langkah terbaik yang terakhir adalah berdo'a. Yah kalau bagian yang ini sih menurut keyakinan masing-masing saja. Namun, saya lebih mayoritaskan disini bagi yang islam. Tidak ada salahnya jika kita berdo'a kepada Allah untuk mendatangkan pengunjung blog, dan jika itu dilakukan dengan niat yang ikhlas dan ikhtiar yang sungguh-sungguh untuk mencapai hasil yang terbaik, maka cepat atau lambat do'a kita akan dikabulkan oleh Allah.

Demikianlah postingan singkat mengenai Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog,
Semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi para pembaca semua yang ingin meningkatkan pengunjung blognya, 
Semoga Sukses!

3 Responses to "Cara Efektif Mendatangkan Pengunjung Blog"

  1. Terima kasih gan, sarannya agan banyak dan to the point, bagus (y

    ReplyDelete
  2. bole di coba nih biar visitor blog ane meningkat

    ReplyDelete
  3. wahh broo, artikelnya bermanfaat bangat,apalagi pengunjung gua dalam sehari ga nentu. Dari semua cara diatas yang baru saya lakuin 3,4 sama 7. Untuk nomor satu walaupun saya nulis sediri tapi membuat konten berkualitas cukup sulit,katanya ajjabaru 200+ kata. Untuk nomor 5 dan 6 kalo submit-submit gitu gua ga tau caranya.kalo nomor 2,masih dalam perkembangan :) Thx ya infonya, sangat membantu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel