Wednesday, October 19, 2016

Pengertian Web Hosting, Domain dan Website

TUTORIAL BLOGZ - Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang pengertian web hosting, domain dan website. Tahukah kamu apa itu web hosting, domain maupun website? Kita tentu pernah mendengar istilah website di internet, nah selain website terdapat istilah lain yaitu web hosting dan juga web domain, kedua istilah ini merupakan langkah awal yang digunakan dalam membuat sebuah website. Bagi kamu yang belum mengetahuinya, maka silahkan simak uraian lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Web Hosting, Domain dan Website
Baca Juga: 10 Situs Penyedia Web Hosting Gratis Terbaik


1. Pengetian Web Hosting
Web Hosting atau Web Host terdiri dari dua kata, yaitu web dan host. Pengertian atau definisi host secara bahasa jika dilihat dari kamus maka diartikan sebagai tuan rumah atau menerima tamu. Namun berbeda pengertiannya dengan yang ada dalam dunia internet. 

Web Hosting adalah suatu jasa atau layanan yang menyediakan penyewaan server dan software atau aplikasinya untuk keperluan web server. Lebih tepatnya, Web Hosting merupakan sebuah memori atau tempat penyimpanan file-file data atau server secara online yang disediakan oleh suatu perusahaan layanan untuk kemudian disewakan oleh pengguna. Layanan web hosting ini memungkinkan individu atau organisasi untuk menampilkan informasi di internet berupa HTTP, FTP, E-mail, dan DNS.

Layanan web hosting sendiri sudah banyak ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan penyedia layanan hosting, mulai dari yang gratis maupun berbayar. Tentu akan ada banyak sekali perbedaan antara hosting gratis dengan hosting berbayar, salah satunya hosting berbayar menyediakan fitur yang lengkap bagi pengguna, sedangkan hosting gratis fiturnya selalu terbatas.

Dalam memilih layanan penyedia web hosting sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda masih pemula atau baru dalam menggunakan web host sebaiknya gunakanlah hosting yang gratis terlebih dahulu. Namun apabila Anda ingin menggunakan layanan hosting yang memiliki fitur dan keunggulan yang lebih, maka sebaiknya gunakan hosting berbayar dengan kualitas terbaik.

2. Pengertian Domain
Menurut Wikipedia, Domain atau disebut juga dengan Domain Name (Nama Domain) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di dalam jaringan komputer ataupun internet. 

Salah satu fungsi domain adalah untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal dengan Alamat IP atau IP Address. Misalnya IP Address suatu website adalah 216.58.196.36, maka tentu akan sulit bagi kita dalam mengingat alamat IP yang berupa angka-angka tersebut untuk mengakses website kita, sehingga dapat disimpulkan bahwa kegunaan dari domain name yaitu mempermudah dalam mengingat alamat web ketika akan mengunjunginya. Nama domain juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web, contohnya seperti "wikipedia.org". Selain itu, nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL atau alamat website.

Dalam memberi nama domain tentu saja bebas dan sesuai keinginan kita, misalnya Anda ingin membuat website yang berisi tentang tips seputar kesehatan, maka Anda bisa memberi nama domain untuk website tersebut misal tipskesehatan.com, seputarkesehatan.com, dan lain sebagainya sesuai kemauan Anda. Namun perlu diingat, nama domain tersebut tidak boleh sama dengan domain yang sudah dimiliki oleh orang lain. Jadi sebelum menentukan nama domain, sebaiknya telusuri nama domain tersebut terlebih dahulu apakah sudah menjadi kepunyaan orang lain ataukah belum.

3. Pengertian Website
Website atau yang berarti Situs Web adalah sebuah halaman web yang saling berhubungan, umumnya berada pada sistem atau jaringan komputer yang sama dan berisikan kumpulan informasi berupa data teks, gambar, animasi, audio, video, dan lain sebagainya yang disediakan secara individu, kelompok ataupun organisasi.

Pada umumnya, website dibagi menjadi 3 jenis yaitu website statis, website dinamis, dan website interaktif. Website Statis adalah web yang memiliki halaman yang berubah, maksudnya untuk melakukan perubahan pada suatu halaman dilakukan secara manual dengan mengedit kode struktur dari website tersebut. Kemudian Website Dinamis adalah website yang strukturnya diperuntukkan untuk update sesering mungkin. Contoh Website Dinamis antara lain adalah web portal atau web berita. Yang terakhir, Website Interaktif yaitu sebuah web yang saat ini sedang populer di kalangan pengguna internet. Contoh website interaktif antara lain blog dan forum. Pada website interaktif ini tentunya pengguna bisa menjalin interaksi dan memberi argumen mengenai apa yang menjadi pemikiran mereka.

Ada banyak manfaat yang diperoleh dari kita membuat sebuah website atau halaman web yang perlu kita ketahui, antara lain memperluas jangkauan promosi suatu produk atau jasa, sebagai media tanpa batas, sebagai media pengenalan perusahaan, dan masih banyak lagi manfaat-manfaat maupun keuntungan membuat website lainnya.

Demikianlah artikel mengenai penjelasan ataupun pengertian dari Web Hosting, Domain dan Website, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua. Jik artikel ini bermanfaat, silahkan like dan share atau bagikan ke teman-teman kalian.

Suka Menulis dan Berbagi Apa saja yang bermanfaat untuk semua orang.

1 komentar so far

Penjelasan yang sangat memuaskan gan... Akhirnya saya bisa melihat perbedaannya terimakasih

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!
EmoticonEmoticon