Sunday, June 7, 2015

Tips Cara Menghemat Kuota Internet/Paket Data di Android


TUTORIAL BLOGZ - Pada postingan kali ini yang akan saya bahas adalah tentang tips cara menghemat kuota internet atau paket data pada ponsel Android. Internet merupakan hal yang tidak mungkin dapat dipisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, sejak makin meningkatnya pengguna Internet di seluruh dunia tentu saja menjadikan Internet ini sebagai salah satu kebutuhan pokok yang bisa dibilang wajib untuk dipergunakan dalam keseharian kita.

Menghemat Kuota Internet Android

Sebagai pengguna Android, tentu tanpa adanya Internet maka aktivitas mobile pun mungkin akan terasa sangat kurang. Dikarenakan sebuah ponsel ataupun tablet Android sekarang yang kita ketahui bersama adalah sebuah gadget canggih yang pasti tidak hanya terdapat fasilitas telepon, SMS, atau bahkan kamera, tapi sudah mampu menjalankan berbagai aplikasi, browser, game, dan lain sebagainya. Belum lagi untuk menjalankan berbagai macam aplikasi yang menggunakan akses Internet, seperti Facebook, Twitter, BBM, Line, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tidak terlepas juga kegiatan browsing atau untuk menjelajahi web browser kita juga harus menggunakan yang namanya koneksi Internet.

Nah, berbicara mengenai kuota Internet ataupun yang sering disebut dengan paket data, banyak sekali operator-operator yang menawarkan beragam paket data Internet dengan harga yang beragam pula, mulai dari yang termurah hingga yang paling mahal sedikit pun. Banyak operator yang bersaing untuk meraih minat para penggunanya untuk menggunakan paket Internet data yang telah disediakan. Namun, Anda pun harus lebih pandai lagi dalam memilih dan menentukan mana paket kuota Internet yang cocok dan sesuai dengan keinginan Anda, agar nantinya tidak menyesal.

Untuk itu, menghemat kuota Internet Android rasanya merupakan hal yang perlu bahkan harus untuk dilakukan, supaya kuota internet di hp Android Anda semakin irit dan tidak boros lagi. Dalam menghemat kuota Internet atau paket data di Android sendiri tidak terlalu sulit untuk dilakukan, karena admin kali ini akan membagikan trik menghemat kuota Android, cara menghemat kuota Android, tips menghemat kuota di Android, serta aplikasi menghemat kuota Internet Android. Langsung saja simak tipsnya di bawah ini.

Berikut Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data di Android:

1. Non-Aktifkan Fitur Auto-Update dan Auto-Download
Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan menonaktifkan atau mematikan fitur auto atau fitur otomatis, diantaranya Auto-Update pada Google Play Store, Auto-Download pada aplikasi WhatsApp, dan fitur-fitur auto (otomatis) lainnya yang dapat membuat kuota Internet Anda semakin boros dan terkuras. Untuk Caranya sendiri Anda dapat pergi ke menu Setting atau Pengaturan pada masing-masing setelan automatic download/update tersebut.

2. Manfaatkan Fitur Wi-Fi
Langkah kedua yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan fitur atau fasilitas Wi-Fi yang ada, jika di dekat rumah Anda, tetangga Anda, atau bahkan rumah Anda sendiri, jika terdapat Wi-Fi maka manfaatkanlah fitur Wi-Fi pada ponsel Android Anda guna menghemat paket data. Berlebih jika Anda pergi ke suatu lokasi rumah makan atau restoran yang menyediakan fasilitas Free Wi-Fi, maka tentunya Anda harus memilih untuk menggunakan fasilitas Wi-Fi tersebut.

3. Gunakan Paket Data Seperlunya saja
Yang paling penting dalam menghemat kuota Internet di Android Anda adalah dengan menggunakan paket data seperlunya saja. Apabila suatu saat Anda sudah tidak menggunakan akses Internet lagi, maka matikan saja atau nonaktifkan saja paket data pada ponsel Android Anda. Hal ini dilakukan tentunya untuk menghemat kuota Internet pada Android Anda.

4. Kurangi Menonton Online Streaming Video
Menonton video online streaming seperti halnya di youtube memang merupakan hal yang cukup mudah untuk diakses banyak orang. Apalagi untuk mengulang-ngulang video tersebut akan sangat mudah untuk dilakukan. Tapi yang perlu Anda ketahui, bahwa menonton streaming musik ataupun video akan menghabiskan banyak kuota Internet yang tentu saja membuat kuota Internet Anda semakin boros. Untuk itu, usahakan untuk mengurangi kegiatan streaming online, seperti streaming video online, musik online, dan lain sebagainya. Lebih baik Anda mendownloadnya langsung agar lebih enak dan mudah apabila ingin menontonnya kembali dan tentunya menghemat kuota Internet pula.

5. Gunakan Aplikasi untuk Menghemat Kuota Internet
Cara yang satu ini menurut saya paling mudah untuk dilakukan, yakni hanya dengan menggunakan aplikasi saja, download aplikasinya, lalu menginstallnya pada ponsel Android Anda, maka Anda dapat mengurangi penggunaan kuota Internet pada ponsel Android Anda. Salah satu aplikasi penghemat kuota Internet Android antara lain Opera Maxx, Chrome Reduce Data Usage, Opera Off-Road Mode, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Demikianlah informasi tentang Tips Cara Menghemat Kuota Internet / Paket Data di Android yang dapat admin sampaikan, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.


Suka Menulis dan Berbagi Apa saja yang bermanfaat untuk semua orang.

6 komentar

Wah cocok nih tips nya sangat bagus

patut dicoba bagi ane yang blogger miskin kuota gan :-s

terima kasih atas tipsnya gan...
salam kenal sambil blogwalking...:)

keren nih, buat para netters yg memang kurang biaya bisa lakukan ini gan.. suwun suwun..

pas banget nih saya juga lagi borosnya sama kuota

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini,
Adapun peraturan berkomentar di blog ini :

1. Tidak menempatkan link hidup saat berkomentar.
2. Tidak komentar spam.
3. Tidak komentar promosi.
4. Tidak komentar yang mengandung unsur SARA.
5. Berkomentar dengan Sopan.

Tidak mematuhi peraturan? Maaf, komentar anda tidak akan saya terbitkan!
EmoticonEmoticon