-->

7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar

Pada postingan atau artikel kali ini saya akan membahas tentang 7 Keutamaan Malam Lailatur Qadar. Malam Lailatul Qadar adalah malam kemuliaan, artinya pada malam tersebut terdapat berbagai macam kemuliaan yang diberikan Allah kepada para hamba-Nya. Kita sebagai umat Islam tentu ingin mendapatkan kemuliaan ataupun keistimewaan malam lailatur qadar tersebut, berlebih bahwa malam lailatur qadar ini hanyalah bisa dijumpai satu kali saja dalam satu tahun, kapan malam lailatul qadar turun atau tiba? terutama di tahun 2015 ini? yakni pada bulan Ramadhan saja di 10 malam terakhir tepatnya di tanggal ganjil, seperti tanggal 21, 23, 25, 27, dan 29 Ramadhan.

Rasulullah SAW. bersabda:

َتتَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَان
Artinya: “Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (H.R. Bukhari no. 2020 dan Muslim no. 1169)
Malam Lailatul Qadar

Untuk itu pada malam lailatul qadar ini kita dianjurkan oleh Rasulullah SAW untuk menghidupkan malam lailatur qadar dengan cara memperbanyak beribadah kepada Allah swt, seperti memperbanyak sholat sunnah baik itu sholat tarawih, sholat tahajjud, sholat hajat, sholat tasbih dan sholat-sholat sunnah lainnya. Selain itu, kita juga dianjurkan untuk Itikaf di masjid serta memperbanyak tilawah atau tadarus Al-Qur'an, memperbanyak tasbih, tahmid, takbir, istighfar, dan bersholawat pada malam yang penuh kemuliaan tersebut.

Berikut 7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar:

1. Lailatul Qadar lebih baik daripada 1000 bulan
Allah swt. berfirman:

لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ
Artinya: "Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan." (Q.S. Al-Qadr:3)
Sesuai dengan Q.S. Al-Qadr ayat 3 di atas yang menjelaskan bahwa sesungguhnya malam lailatul qadar atau malam kemuliaan itu lebih baik dari 1000 bulan, artinya apabila kita beribadah pada malam tersebut, seperti sholat, membaca Al-Qur'an, dll, maka ibadah tersebut lebih baik daripada 1000 (seribu) atau kurang lebih 84 tahun yang merupakan usia lanjut seorang manusia.

2. Lailatul Qadar adalah Malam yang penuh keberkahan
Allah swt. berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ
Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan." (Q.S. Ad-Dukhan:3)
Yang dimaksud malam yang diberkahi adalah malam lailatul qadar atau malam kemuliaan. Malam lailatul qadar merupakan malam yang penuh keberkahan dan kebaikan, pada malam itu Allah swt memberikan berbagai kemuliaan bagi hamba-Nya yang banyak melakukan ibadah kepada-Nya.

3. Lailatul Qadar adalah Malam diturunkannya Al-Qur'an
Allah swt. berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam kemuliaan." (Q.S. Al-Qadr:1)

Dalam hadits lain juga dikatakan,
Ibnu 'Abbas dan lainnya mengatakan: "Allah menurunkan Al-Qur'an secara utuh sekaligus dari lauhul mahfuzh ke Baitul 'Izzah yang ada dilangit dunia. Kemudian Allah menurunkan Al-Qur'an kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam tersebut secara terpisah sesuai dengan kejadian-kejadian yang terjadi selama 23 tahun". (Tafsir Al-Qur'an Al-Azhim, 14: 403).

4. Malaikat-malaikat dan Ar-Ruuh (Malaikat Jibril) turun pada Malam Lailatul Qadar
Allah swt. berfirman:


تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ

Artinya: “Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan” (Q.S. Al Qadr: 4)
Pada malam lailatul qadar,  para malaikat-malaikat beserta Ar-Ruuh, yakni Malaikat Jibril, turun ke bumi dengan seizin Allah swt dengan tujuan untuk mengatur berbagai macam urusan yang ada di bumi. Dengan turunnya malaikat pada malam lailatul qadar ini berarti menandakan turunnya berkah dan rahmat dari Allah swt.

5. Lailatul Qadar disifati dengan Salaam
Allah swt. berfirman:

سَلامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

Artinya: "Sejahteralah (malam itu) hingga terbit fajar." (Q.S. Al-Qadr:5)

Yang dimaksud dengan sejahtera, yakni pada malam lailatul qadar itu setan-setan tidak dapat berbuat buruk, dalam artian tidak dapat berbuat apa-apa, termasuk tidak dapat mengganggu dan menggoda manusia, sehingga kita sebagai manusia dapat melakukan ibadah kepada Allah swt pada malam lailatul qadar dengan bebas tanpa gangguan maupun godaan para setan.

6. Lailatul Qadar adalah Malam dicatatnya takdir tahunan
Allah swt. berfirman:

فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

Artinya: "Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah". (Q.S. Ad Dukhan: 4)

Yang dimaksud dengan segala urusan ialah segala perkara yang dihubungkan dengan kehidupan makhluk, seperti hidup, mati, rezeki, keberuntungan, kerugian, dan lain sebagainya. Pada malam lailatul qadar dijelaskan dari Lauhul Mahfudz kepada para malaikat yang mencatat urusan yang terjadi dalam setahun, yang terjadi pada tahun itu, dan yang terjadi hingga akhir tahun.

7. Setiap orang yang menghidupkan Malam Lailatul Qadar, maka dosanya akan diampuni oleh Allah swt.
Dari Abu Hurairah, berkata bahwa Nabi SAW bersabda:

َمَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Artinya: "Barangsiapa melaksanakan shalat di malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni." (H.R. Bukhori)
Yang dimaksud iimaanan adalah membenarkan janji Allah yaitu pahala yang akan diberikan bagi orang yang menghidupkan malam lailatul qadar dengan beribadah kepada-Nya. Sedangkan ihtisaaban bermakna mengharap pahala dari sisi Allah, bukan karena mengharap sesuatu yang lain, seperti riya'.

Demikianlah artikel tentang 7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar yang dapat saya bagikan kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.

1 Response to "7 Keutamaan Malam Lailatul Qadar"

  1. wehh, memang sungguh bener gan malam lailatul qadar, malam seribu bulan dan berkah, wahh jadi nambah tau lebih banyak lagi nih, makasih banyak ya gan

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel